A. Pengertian Poster
Poster adalah media publikasi yang terdiri
atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan
informasi kepada khalayak ramai. Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum
yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat
keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.
Menurut wikipedia, pengertian poster adalah sebuah karya seni grafis
yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang
ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan
yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan
yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat.
B. Ciri-ciri dan Syarat Poster
Berikut ini adalah ciri – ciri umum
dari sebuah poster:
·
Desain
grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di
atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
·
Cara
pengaplikasiannya dapat dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau
permukaan datar yang lain dengan sifat membidik perhatian mata semaksimal
mungkin.
·
Poster
pada umumnya dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.
·
Poster
lazimnya mempergunakan bahasa yang singkat, jelas, tidak rancu agar mudah
dipahami.
·
Pesan
yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
·
Poster
dapat dibaca secara sambil lalu.
Setelah
membahas mengenai ciri-ciri poster, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai
syarat sebuah poster:
·
Poster
wajib mempergunakan bahsa yang mudah dipahami.
·
Susunan
kalimat poster harus singkat, padat, jelas, tetapi berisi.
·
Poster
sebaiknya dikombinasikan dengan bentuk gambar.
·
Poster
harus mampu menarik minat khalayak.
·
Media
poster harus mempergunakan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek.
·
Ukuran
poster sebaiknya disesuaikan dengan tempat atau lahan pemasangan serta target
pembaca.
Sementara itu, hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam membuat poster adalah:
·
Gambar
dibuat mencolok dan sesuai dengan ide yang akan dikomunikasikan.
·
Kata-kata
yang digunakan dalam poster harus efektif, sugestif, serta mudah diingat.
·
Jenis font sebaiknya adalah jenis yang mudah dibaca dan
dengan size yang besar.
C. Tujuan Poster
Dibuatnya sebuah poster tentu bukan
tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan
maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa
membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster
tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung
dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati
publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.
D. Jenis / Macam-Macam Poster
Jenis poster berdasarkan
isinya:
1. Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan
perniagaan untuk menawarkan suatu barang, atau jasa.
2. Poster Kegiatan adalah poster yang berisi suatu kegiatan, seperti kegiatan jalan
sehat, senam, dll.
3. Poster Pendidikan adalah poster yang bertujuan untuk mendidik.
4.
Poster Layanan Masyarakat adalah poster untuk pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan
kesejahteraan masyarakat.
Jenis
Poster berdasarkan tujuannya :
1. Poster Propaganda adalah poster yang memilik
tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha
seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
2. Poster Kampanye adalah poster yang bertujuan
untuk mencari simpati dari masyarakat pada saat dilakukannya pemilihan umum.
3. Poster 'Dicari' atau
"Wanted“ adalah
poster yang bertujuan yang memuat orang hilang atau suatu perusahaan yang
membutuhkan pekerja.
4. Poster "Cheescake“adalah poster yang bertujuan
untuk menarik perhatian publik, seperti bintang rock, artis, penyanyi, dll.
5. Poster Film adalah poster yang dibuat
dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu film yang diproduksi dalam industri perfilman.
6. Poster Komik adalah poster yang digunakan
untuk mempopulerkan buku-buku komik.
7. Poster Afirmasi adalah poster untuk memotivasi
pembacanya, biasanya tentang kepemimpinan, dll.
8. Poster
Riset adalah
poster untuk mempromosikan berbagai kegiatan riset sehingga mengundang para
pelaku akademik untuk ikut dalam mengapresiasikan kegiatan tersebut.
9. Poster Kelas adalah poster yang berada
didalam kelas pelajar yang bertujuan untuk memotivasi pelajar, adapun juga
poster tata tertib kelas.
10. Poster Komersial adalah poster yang hampir
sama dengan Poster Niaga yaitu yang bertujuan untuk mempromosikan sesuatu.
E. Cara Membuat Poster
Disini saya tidak akan menjelaskan
mengenai bagaimana mendesain (menggambar) sebuah poster, namun yang akan
dijabarkan adalah bagaimana langkah-langkah konseptual dari pembuatan poster
itu sendiri.
1. Tentukan Topik & Tujuan
Pertama, Anda harus menentukan apa
yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan,
kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.
Kemudian, tentukan pula alasan Anda
membuat poster tersebut. Anda membuatnya untuk promosi? atau hanya sekedar
sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius
dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi
program.
2. Buat Kalimat Singkat dan
Bersifat Mensugesti
Poster biasanya dibaca secara
sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang
berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.
Untuk itu, buatlah kalimat yang
singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya,
melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat
poster bisa tersampaikan dengan baik.
Tetapi, jangan sampai kata-kata
tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat
yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu
(terutama ketika Anda membuat poster promosi produk).
3. Gunakan Gambar
Gambar merupakan alat penyampai pesan
yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar
dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan.
Gambar dengan warna-warna mencolok
adalah jenis yang sebaiknya Anda gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.
4. Gunakan Media yang Tepat
Media (tempat ditempelnya poster)
akan menentukan apakah poster Anda banyak dilihat atau tidak. Jika Anda
menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster
tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding
perkampungan.
Comments
Post a Comment