PENGEMBANGAN
LATIHAN KOORDINASI SENSOMOTORIK
Latihan
Melempar Bola (2-3 tahun)
- Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih anak dalam memahami konsep warna.
- Alokasi waktu :10-15 menit.
- Alat yang digunakan :Bola plastik warna-warni berbagai ukuran dan keranjang.
- Pelaksanaan Kegiatan :
- Mula-mula anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan permainan melempar bola,
- Memberikan penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan melempar bola,
- Atur anak untuk berdiri dan letakkan keranjang ± 1,5 m berseberangan dengan posisi anak,
- Berikan instruksi kepada anak untuk melempar bola tanpa keranjang terlebih dahulu,
- Berikan instruksi kepada anak untuk melempar dan memasukkan bola berbagai warna ke dalam keranjang.
- Berikan instruksi kepada anak untuk memasukkan bola dengan warna tertentu ke dalam keranjang,
- Berikan instruksi kepada anak untuk memasukkan dua bola dengan warna yang berbeda pada dua keranjang yang berbeda,
- Latihan dilakukan dari hal yang sederhana sampai pada hal yang rumit, permainan dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi anak yang terpenting tetap ada kegiatan melempar,
- Setelah anak dapat melakukan kegiatan tersebut berikan tepuk tangan atau hadiah agar anak semangat untuk melakukan latihan berikutnya.
Latihan
menangkap bola (2-3 tahun)
- Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih koordinasi mata dengan kaki, melatih motorik kasar kaki.
- Alokasi waktu :10-15 menit.
- Alat yang digunakan :Bola plastik dan balon berdiameter ± 15 cm.
- Pelaksanaan kegiatan :
- Mula-mula anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan permainan menangkap bola,
- Memberikan penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan menangkap bola,
- Atur anak untuk berdiri berseberangan dengan posisi guru/ pelatih dengan jarak ± 1,5-2 m,
- Berikan instruksi kepada anak untuk menangkap bola yang dilempar oleh guru/pelatih,
- Mula-mula lempar bola/balon kepada anak dengan posisi tetap,
- Selanjutnya guru/pelatih melempar bola kepada anak dengan mengarahkan bola ke kanan dan ke kiri agar anak menggerakan kaki,
- Libatkan anak dalam mengambil bola/balon yang lepas,
- Berikan tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih dengan baik.
Latihan
Menggunting (2-3 tahun)
- Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih motorik halus tangan anak, latihan awal untuk menulis.
- Alokasi waktu :15-20 menit.
- Alat yang digunakan :Gunting berujung tumpul dan kertas warna-warni
- Pelaksanaan kegiatan
- Mula-mula anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktivitas menggunting,
- Memberikan penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan menggunting kertas,
- Berikan anak gunting dan kertas warna tanpa pola,
- Berikan contoh kepada anak bagaimana cara menggunting,
e. Instruksikan
pada anak untuk mengikuti aktifitas yang dicontohkan,
f. Berikan
instruksi pada anak untuk menggunting kertas menggunakan pola tunggal,
g. Secara
bertahap berikan penjelasan kepada anak untuk memotong kertas menjadi dua
potongan, tiga potongan, dst,
h. Setelah
anak menguasai, gambarlah pola pada kertas dan instruksikan pada anak untuk
mengikuti pola tersebut,
i.
Sebisa mungkin pola
yang digambar merupakan pola sederhana terlebih dahulu, setelah anak
menguasainya diulanjutkan ke pola yang lebih rumit,
j.
Berikan tepuk tangan
atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih dengan baik.
4. Latihan
Meronce (2-3 tahun)
Tujuan latihan :
Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih motorik halus tangan, melatih
koordinasi indra perabaan dengan tangan.
Alokasi
waktu :10-15 menit.
Alat
yang digunakan :Senar dan manik-manik
berbagai ukuran dan bentuk.
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktivitas
meronce,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan meronce,
c. Perkenalkan
anak pada alat-alat yang akan digunakan dalam aktifitas meronce,
d. Berikan
instruksi kepada anak untuk meraba berbagai ukuran manik-manik yang sudah
disediakan agar anak merasakan tekstur
dari manik-manik tersebut,
e. Berikan
contoh merangkai manik-manik dengan
senar dan instruksikan kepada anak untuk mengikutinya,
f. Berikan
contoh merangkai mani-manik dengan urutan yang sederhana terlebih dahulu,
misalnya besar, besar, besar, sedang, sedang, sedang, kecil, kecil, kecil, dst,
g. Jika
anak sudah menguasai, berikan contoh dengan urutan acak, misalnya kecil, kecil,
besar, sedang, besar, kecil, dst,
h. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
5. Latihan
Menuang air (3-4 tahun)
Tujuan latihan :
Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan tangan, melatih motorik halus tangan, mengenalkan
konsep warna pada anak.
Alokasi
waktu :20-35 menit.
Alat yang digunakan :Teko kecil, air berwarna, gelas plastik bening
berdiameter ± 20cm, 15cm, 10cm
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktivitas
menuang air,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan menuang air,
c. Siapkan
gelas plastik bening di meja, dan teko kecil yang sudah diisi air berwarna,
d. Berikan
contoh aktifitas menuang air ke gelas yang berdiameter kecil kemudian ke gelas yang
berdiameter besar,
e. Berikan
instruksi kepada anak untuk mengikuti aktifitas tersebut,
f. Aktifitas
ini dikatakan berhasil ketika anak mampu menuangkan air ke gelas tanpa ada air
yang tercecer,
g. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
6. Melompat
mengikuti pola lingkaran (3-4 tahun)
Tujuan latihan
:Melatih konsentrasi anak, melatih koordinasi mata dengan kaki, melatih motorik kasar kaki.
Alokasi
waktu :25-30 menit.
Alat yang digunakan :Lima lingkaran/ hulahop berdiameter ± 35cm
berwarna
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktivitas
meloncat mengikuti pola lingkaran,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan meloncat mengikuti pola lingkaran,
c. Atur 5 buah lingkaran, satu lingkaran menjadi
pusatnya dan empat yang lain diletakkan di sebelah depan, belakang, kiri, kanan
dari lingkaran pusat,
d. Kondisikan
anak untuk berdiri di lingkaran pusat,
e. Instruksikan
kepada anak untuk melompak ke lingkaran sesuai dengan apa yang diperintahkan,
f. Guru/pelatih
mengungcapkan “kanan” dan diikuti anak melompat ke kanan, “kiri” dan anak
mengikuti melompat kekiri, dan seterusnya,
g. Latihan
dapat dimulai dari hal yang mudah terlebuh dahulu, misalnya lingkaran hanya dibuat
lurus, kemudian zigzag, melompat sesuai arah, dan pada akhirnya anak dapat
melompat sesuai dengan warna dari hulahop tersebut.
h. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
7. Menendang
bola (3-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih koordinasi mata dengan kaki, melatih motorik kasar kaki.
Alokasi
waktu :15-25 menit.
Alat
yang digunakan :Dua tiang panjang ±
50cm sebagai gawang, bola
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktivitas
menendang bola,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan kegiatan menendang bola,
c. Aturlah
posisi anak berseberangan dengan posisi gawang ± 3m,
d. Buatlah
gawang menggunakan tiang dengan lebar ±2m,
e. Instruksikan
kepada anak untuk menendang bola dan memasukkan bola ke gawang,
f. Berikan
aba-aba dengan peluit ketika anak akan menendang,
g. Setelah
anak mampu memasukkan bola dengan panjang gawang 2m, maka untuk latihan
selanjutnya ukuran dapat diperpendek misalnya menjadi 1,5m atau 1m,
h. Berikan
target berapa kali anak harus memasukkan bola ke gawang,
i.
Berikan tepuk tangan
atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih dengan baik.
8. Temukan
aku! (3-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak,
melatih koordinasi indra pendengaran dan indra penglihatan dengan tangan, melatih motorik halus tangan, melatih motorik
kasar kaki, melatih indra penglihatan dengan kaki.
Alokasi
waktu :25-35 menit.
Alat yang digunakan :Rekaman suara hewan, gambar-gambar hewan
(yang ada disekitar anak), 1 kertas manila berwarna, double tape.
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan permainan
“temukan aku!”,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan permainan “temukan aku!”,
c. Siapkan
gambar berbagai hewan yang suaranya terdapat dalam rekaman,
d. Berikan
instruksi kepada anak untuk menemukan gambar hewan yang suaranya terdengar, selanjutnya
gambar ditempelkan pada kertas yang sudah di pasang di dinding dengan jarak 3m
dari anak,
e. Putar
satu rekaman suara hewan, dan meminta anak untuk menemukan gambar hewan yang
suaranya didengar tadi,
f. Gambar
yang ditemukan selanjutnya ditempelkan di kertas yang berjarak 3m dari anak
dengan berjalan kaki,
g. Lakukan
hal tersebut sampai selesai,
h. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
9. Lingkaran
musik (2-3 tahun)
Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak,
melatih koordinasi indra pendengaran dan penglihatan dengan kaki, melatih motorik halus tangan, melatih motorik
kasar pada kaki.
Alokasi
waktu :30-35 menit.
Alat
yang digunakan :Tape
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan permainan
lingkaran musik
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan permainan lingkaran musik,
c. Kegiatan
ini dapat dilakukan bersama-sama dengan teman yang lainnya,
d. Kondisikan
anak untuk saling memegang tangan kawannya, pelatih/guru sebaiknya juga
terlibat dalam lingkaran ini,
e. Berikan
instruksi kepada anak untuk mengikuti apa yang dinyanyikan,
f. Selanjutnya
putarkan lagu/ dapat pula bernyanyi bersama sama,
g. Lagu
yang dapat digunakan yaitu:
Lingkaran
kecil, lingkaran kecil, Lingkaran kecil
Lingkaran
besar, lingkaran besar, lingkaran besar
Lingkaran
besar, lingkaran besar, lingkaran kecil
Lingkaran
kecil, lingkaran besar, lingkaran jongkok
Lingkaran
besar, lingkaran besar, lingkaran pecah
Saat
mengatakan lingkaran kecil anak-anak saling merapat membentuk lingkaran kecil,
saat mengatakan lingkaran besar maka anak saling merenggang untuk membuat
lingkaran besar, saat mengatakan lingkaran pecah, anak-anak saling melepaskan
tangan sehingga lingkaran pecah. Selain itu anak juga dapat membentuk lingkaran
jongkok atau lompat.
i.
Berikan tepuk tangan
atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih dengan baik.
10. Goyang-goyang
alat musik (2-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih koordinasi indra
pendengaran dengan tangan, melatih
motorik halus tangan, melatih motorik kasar kaki, melatih koordinasi indra
perabaan dengan tangan.
Alokasi
waktu :25-35 menit.
Alat yang digunakan : Dua botol air mineral bekas dan
biji-bijian seperti kacang hijau, beras, kacang, dan kedelai.
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan permainan
goyang-goyang musik,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan permainan goyang-goyang musik,
c. Siapkan
botol dan biji-bijian dimeja anak,
d. Instruksikan
anak untuk merasakan tekstur masing-masing biji-bijian, dapat pula dilakukan
dengan memandu tangan anak,
e. Selanjutnya
instruksikan anak untuk memasukkan biji yang disukai dalam setengah bagian
botol dengan bantuan corong,
f. Setelah
aktifitas tersebut selesai, konsisikan anak untuk memegang botol di kedua
tangannya,
g. Bernyanyilah
bersama dengan anak, selanjutnya gerakkan botol berisi biji-bijian tadi sebagai
musik pengiring lagu,
h. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
11. Mari
Menabur (2-4 tahun)
Tujuan latihan :Melatih kreatifitas anak,
melatih koordinasi mata dengan tangan,
melatih motorik halus tangan, melatih koordinasi indra perabaan dengan
tangan.
Alokasi
waktu : 25-30 menit.
Alat
yang digunakan : kertas, lem, beras,
kacang hijau
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Mula-mula
anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan melakukan aktifitas
menabur,
b. Memberikan
penjelasan kepada anak bahwa akan melakukan aktifitas menabur,
c. Siapkan
kertas yang sudah diolesi dengan lem,
d. Bimbinglah
tangan anak untuk merasakan tekstur dari biji-bijian tersebut,
e. Instruksikan
kepada anak untuk menabur beras dan kacang hijau pada kertas sesuai dengan
kreatifitas mereka,
f. Untuk
latihan pertama biarkan anak menabur sesuka hatinya, kemudian latihan-latihan
selanjutnya dibuatkan pola pada kertas yang akan ditaburi biji-bijian,
g. Berikan
tepuk tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan instruksi guru/pelatih
dengan baik.
12. Menggambar
dengan pasir (2-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih kreatifitas anak,
melatih koordinasi mata dengan tangan,
melatih motorik halus tangan, melatih koordinasi indra perabaan dengan
tangan.
Alokasi
waktu :25-35 menit.
Alat yang digunakan : Pasir dengan kelembutan beragam, lem,
kertas kerucut yang dipotong kecil ujungnya, kertas gambar.
Pelaksanaan
kegiatan :
a.
Pertama anak dikondisikan
untuk melakukan persiapan menggambar dengan pasir,
b.
Anak diberi
penjelasan tentang bagaimana menggambar dengan pasir,
c.
Anak ditunjukan dan
di arahkan untuk merasakan berbagai kelembutan pasir yang akan digunakan dalam
menggambar,
d.
Berikan intruksi
kepada anak untuk menggambar hewan, tumbuhan dan benda apapun yang diminati
anak menggunakan pasir,
e.
Selanjutnya
intruksikan anak untuk mengoleskan lem ke seluruh bagian gambar yang telah di
gambar dengan rata,
f.
Setelah itu
intruksikan anak untuk menaburkan pasir yang beragam kelembutan tersebut dengan
kertas kerucut yang telah di buat,
g.
Biarkan anak
berkreasi dengan imajinasinya sampai kegiatan tersebut selesai,
h.
Berikan tepuk
tangan atau hadiah saat anak mampu melakukan intruksi guru/pelatih dengan baik.
13. Bermain
pasir (2-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih kreatifitas anak,
melatih koordinasi mata dengan tangan,
melatih motorik halus tangan, melatih koordinasi indra perabaan dengan
tangan.
Alokasi waktu :25-35
menit.
Alat yang digunakan : Pasir warna warni, lem, kertas kerucut
yang dipotong kecil ujungnya, kertas gambar.
Pelaksanaan
kegiatan :
a.
Pertama anak
dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan persiapan “bermain pasir”,
b.
Memberikan
penjelasan kepada anak akan bermain pasir,
c.
Berikan setiap anak
kotak-kotak pasir warna-warni, kertas gambar serta corong kertas,
d.
Berikan contoh dan
caranya, seperti membuat pelangi, dari mulai meng-lem dan menata pasir
warna-warni,
e.
Intruksikan anak
untuk melakukan kegiatan tersebut sesuai dengan imajinasi anak,
f.
Setelah selesai
intruksikan anak untuk menempel hasil kerja masing-masing di dinding,
g.
Beri tepuk tangan
atau hadiah saat anak mampu melaksanakan intruksi dengan baik.
14. Bau
apa? (3-4 tahun)
Tujuan latihan : Melatih konsentrasi anak,
melatih koordinasi indra penciuman dengan tangan, melatih motorik halus tangan, melatih
koordinasi indra penglihatan dengan kaki, melatih motorik kasar kaki.
Alokasi
waktu :25-30 menit.
Alat
yang digunakan :Bunga, jeruk, kue, susu
Pelaksanaan
kegiatan :
a. Pertama anak dikondisikan terlebih dahulu untuk melakukan
permainan “bau apa?”
b. Anak diberikan penjelasan tentang tata cara dalam
melakukan permainan “bau apa?”,
c. Tutup mata anak dengan kain agar mudah melepas dan
memasangnya,
d. Selanjutnya atur jarak antara anak dengan meja sekitar 3
meter dan ditengah-tengahnya terdapat papan titian,
e. Letakkan benda yang beraroma khas tersebut di atas meja,
f. lalu ambil salah satu benda yang sama dengan yang dimeja
tersebut, dekatkan ke hidung anak agar anak dapat menciumnya.
g. Selanjutnya intruksikan anak untuk membuka penutup
matanya dan mengambil benda di seberang yang memiliki aroma yang sama dengan
melewati papan titian,
h. Apabila saat berada pada papan titian anak terjatuh maka
harus mengulangi dari awal papan titian,
i.
Selanjutnya
menginstruksikan anak untuk meletakkan barang yang diambilnya tadi dimeja semula tanpa melalui papan titian,
j.
Lakukan kegiatan
tersebut terhadap benda yang lain secara berulang-ulang dapat juga dengan benda
lain yang tentunya memiliki aroma yang khas
yang ada disekitar anak,
k. Apabila anak berhasil melakukannya beri tepuk tangan dan
benda yang diambil tadi menjadi miliknya.
Referensi:
Dorothy
Einon. 2005. Permainan Cerdas Untuk Anak
Usia 2-6 Tahun. Jakarta: Erlangga
Comments
Post a Comment